Rabu, 07 April 2010

Tugas Manufaktur 2_ MEsin CNC dan MEsin BUBUT


BAB 1
PENDHULUAN

Dalam perkembangan Industri yang semakin pesat dalam beberapa puluh tahun belakangan ini, menuntut produsen untuk lebih menghasilkan sebuah prodak yang berkualitas tinggi, bermutu bagus,dan harganya terjangkau bagi semua kalangan. Untuk memenuhi itu semua, dalam dunia industri kita mengenal berbagai macam alat/ mesin untuk membuat suatu prodak. Dalam bahasan ini, saya akan mengangkat tentang mesin Cnc dan mesin bubut, kedua mesin itu mungkin sudah sangat popular ditelinga kita, tapi mungkin bagi kita masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara kerja dari kedua mesin tersebut, dan prodak apa saja yang dihasilkan dari mesin itu, dalam makalah ini akan dibahas semua itu.

1.1 Latar belakang

Sebuah Negara akan dinilai maju, apabila dalam Negara tersebut berdiri, beberapa perusahaan yang membidangi berbagai macam bidang, atau menghasilkan berbagai macam produksi, salah satunya adalah proses manufaktur, yang mana pada proses ini, membuat barang, dari masih yang berbentuk bahan baku, sampai menjadi barang yang sudah siap pakai. Tentu dalam proses pembuatan suatu prodak tidak sembarangan, ketelitian dan kualitas sangat diutamakan, dalm kepuasan pasar dan konsumen, oleh karena itu pengunaan mesin-mesin bubut dan mesin Cnc dalam menghasilkan suatu prodak sangat penting, untuk menghasilkan barang yang berkualitas tinggi.
.
1.2. Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatn makalah ini,selain sebagai salah satu syarat yang diberikan Bapa Ghoufur MT, juga sebagai tambahan bagi kita semua, tentang apa itu mesin Cnc dan mesin Bubut.





BAB II
ISI

1.1 MESIN CNC (Computerized Numerical Controlled)
Sejarah
Mesin otomatisasi alat kontrol dimulai pada tahun 1800-an dengan Cams bahwa "memainkan" sebuah mesin alat dalam cara yang Cams telah lama bermain kotak musik atau operasi rumit jam kukuk. Thomas Blanchard membangun senjata-saham-menyalin mesin bubut (1820-an-30s ), dan pekerjaan orang-orang seperti Miner Christopher Spencer mengembangkan bubut menara ke mesin sekrup (1870-an). Cam berbasis otomatisasi telah mencapai negara yang sangat maju dengan Perang Dunia I (1910-an).
Namun, otomatisasi melalui Cams secara fundamental berbeda dari kontrol numerik karena abstrak tidak dapat diprogram. Ada hubungan langsung antara desain yang diproduksi dan langkah-langkah mesin diperlukan untuk menciptakannya.Cams dapat menyandikan informasi, tetapi mendapatkan informasi dari tingkat abstrak sebuah gambar teknik ke cam adalah suatu proses manual yang memerlukan mematung dan / atau mesin dan pengarsipan.Setidaknya dua bentuk kontrol programmable abstrak telah ada selama tahun 1800-an: mereka dari alat tenun Jacquard dan komputer mekanis yang dipelopori oleh Charles Babbage dan lain-lain. Perkembangan ini memiliki potensi untuk konvergensi dengan alat mesin otomatisasi kontrol dimulai pada abad itu, namun konvergensi tidak terjadi sampai beberapa dekade kemudian.
Tracer kontrol
Penerapan hidrolik untuk cam otomatisasi berbasis menelusuri menghasilkan mesin-mesin yang menggunakan stylus untuk melacak template, seperti besar Pratt & Whitney "Keller Machine", yang dapat menyalin template beberapa meter. [1] Pendekatan lain adalah "rekor dan pemutaran ", dirintis pada General Motors (GM) di tahun 1950-an, yang menggunakan sistem penyimpanan untuk merekam gerakan masinis manusia, dan kemudian memainkannya kembali permintaan Sistem analog umum bahkan sampai hari ini, terutama "mengajar bubut" yang memberikan teknisi baru hands-on merasa untuk proses itu. Tak satu pun dari mereka secara numerik diprogram, bagaimanapun, dan diperlukan master masinis di beberapa titik dalam proses, karena "pemrograman" itu fisik bukan numerik.
Servos dan selsyns
Salah satu hambatan untuk menyelesaikan otomatisasi adalah toleransi yang diperlukan dari proses mesin, yang secara rutin atas perintah ribu inci. Meskipun menghubungkan semacam control untuk perangkat penyimpanan seperti kartu punch mudah, memastikan bahwa kontrol dipindahkan ke posisi yang benar dengan akurasi yang dibutuhkan isu lain.Gerakan alat mengakibatkan berbagai gaya pada kontrol yang akan berarti input linier tidak akan menghasilkan alat gerak linier. Kunci pembangunan di daerah ini adalah pengenalan servo, yang menghasilkan pengukuran yang sangat akurat informasi. Melampirkan dua servos bersama-sama menghasilkan selsyn, di mana servo remote's mosi ini akurat dicocokkan oleh orang lain. Menggunakan berbagai sistem mekanis atau listrik, output dari selsyns bisa dibaca untuk memastikan pergerakan yang telah terjadi (dengan kata lain, membentuk loop tertutup sistem kontrol).
Pertama serius selsyns saran yang dapat digunakan untuk mengendalikan mesin dibuat oleh Ernst FW Alexanderson, seorang imigran Swedia ke AS bekerja di General Electric (GEAlexanderson telah bekerja pada masalah torsi amplifikasi yang memungkinkan output kecil dari sebuah komputer mekanis untuk menggerakkan motor sangat besar, yang GE digunakan sebagai bagian dari yang lebih besar meletakkan senjata sistem untuk US Navy kapal Seperti mesin, pistol petelur memerlukan akurasi yang sangat tinggi, jauh lebih kecil daripada gelar, dan gerakan pistol menara itu non-linear. Pada November 1931 Alexanderson mengusulkan kepada Departemen Teknik Industri bahwa sistem yang sama bisa digunakan untuk menggerakkan input dari peralatan mesin, yang memungkinkan untuk mengikuti garis besar template tanpa kontak fisik yang kuat dibutuhkan oleh tool yang ada seperti Keller MachineDia menyatakan bahwa itu adalah "materi pengembangan rekayasa lurus. Namun, konsep itu di depan para waktu dari perspektif pengembangan bisnis, dan GE tidak membawa masalah serius sampai bertahun-tahun kemudian, ketika orang lain telah memelopori bidang .
Parsons dan penemuan NC
Kelahiran NC biasanya dikreditkan kepada John T. Parsons, [3] yang masinis dan penjual di perusahaan machining ayahnya, Parsons Corp Pada tahun 1942 ia diberi tahu bahwa helikopter akan menjadi "hal besar berikutnya" oleh mantan kepala dari Ford Trimotor produksi. Dia memanggil Sikorsky Aircraft untuk menanyakan tentang kemungkinan kerja, dan segera mendapatkan kontrak untuk membangun stringers kayu di baling-baling.Setelah mengatur produksi di pabrik mebel bekas dan ramping produksi, salah satu baling itu gagal dan ditelusuri pada tiang. Sebagai setidaknya beberapa masalah muncul berasal dari satu tempat kerah pengelasan logam pada logam stringer untuk berdebat, jadi Parsons mengusulkan metode baru melampirkan stringers ke tiang menggunakan lem, tidak pernah sebelum mencoba pada desain pesawat terbang.
Tapi itu dipimpin pembangunan Parsons bertanya-tanya tentang kemungkinan menggunakan logam cap stringers bukan kayu, yang akan jauh lebih mudah untuk membuat dan kuat juga. The stringers untuk rotor dibangun untuk sebuah desain yang disediakan oleh Sikorsky, yang dikirim kepada mereka sebagai rangkaian dari 17 poin mendefinisikan garis besar. Parsons kemudian harus "mengisi" titik-titik dengan kurva prancis untuk menghasilkan sebuah garis besar dapat mereka gunakan sebagai template untuk membangun jigs untuk versi kayu.Tapi bagaimana membuat alat yang dapat memotong logam dengan bentuk adalah masalah yang jauh lebih sulit. Parsons mengunjungi Wright Field untuk melihat Frank Stulen, yang adalah kepala Cincin Rotary Propeller Cabang di laboratorium Stulen menyimpulkan bahwa tidak benar-benar tahu apa yang ia bicarakan, dan menyadari hal ini, Parsons mempekerjakannya di tempat. Stulen mulai bekerja pada tanggal 1 April 1946 dan mempekerjakan tiga insinyur baru untuk bergabung dengannya.
Saudara Stulen bekerja di Curtis Wright Propeller, dan menyebutkan bahwa mereka menggunakan kartu punch kalkulator untuk perhitungan teknik. Stulen Stulen memutuskan untuk mengadopsi ide untuk menjalankan perhitungan tegangan pada rotor, pertama rinci perhitungan otomatis pada rotor helikopter. Ketika Stulen Parsons melihat apa yang dilakukan dengan kartu punch mesin, dia bertanya padanya apakah mereka dapat digunakan untuk menghasilkan garis dengan 200 poin dari 17 bukannya mereka diberikan, dan offset setiap titik dengan jari-jari alat pemotong di pabrik. Jika Anda memotong di masing-masing titik, akan menghasilkan potongan yang relatif akurat dari wartawan bahkan dalam baja keras, dan dengan mudah dapat diajukan ke bentuk yang halus.. Alat yang dihasilkan akan bermanfaat sebagai template untuk stringers logam stamping. Stullen had no problem doing this, and used the points to make large tables of numbers that would be taken onto the machine floor. Punya masalah Stullen melakukan hal ini, dan menggunakan poin untuk membuat tabel besar angka yang akan diambil ke lantai mesin Di sini, satu operator membaca angka-angka dari grafik dengan dua operator, satu di masing-masing X-dan Y-kapak, dan mereka akan memindahkan pemotongan kepala saat itu dan membuat luka. Hal ini disebut " by-the-numbers metode ".
Poin tidak cukup dengan bekerja secara manual akan diperlukan sama sekali, tetapi dengan operasi manual waktu yang disimpan dengan memiliki bagian lebih mendekati garis itu diimbangi dengan waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan control. Jika input mesin yang melekat langsung ke pembaca kartu keterlambatan ini, dan kesalahan manual yang terkait, akan dihapus dan jumlah poin yang dapat meningkat secara dramatis.. Mesin semacam itu bisa berulang kali meninju dengan sempurna template pada perintah akurat. Tapi pada saat ia tidak memiliki dana untuk mengembangkan ide-ide ini.
Ketika salah satu penjual Parsons adalah dalam sebuah kunjungan ke Wright Field, dia menceritakan masalah yang baru terbentuk Angkatan Udara AS mengalami dengan desain jet baru. Parsons menunjukkan Lockheed ide mereka otomatis pabrik, tapi mereka tidak tertarik. Mereka sudah memutuskan untuk menggunakan template 5-sumbu mesin fotokopi untuk menghasilkan stringers, memotong dari logam template, dan telah memerintahkan mesin pemotong sudah mahal.
Sekarang gambar situasi selama satu menit. Lockheed telah dikontrak untuk merancang sebuah mesin untuk membuat sayap ini. Mesin ini memiliki lima sumbu gerakan pemotong, dan masing-masing adalah pelacak dikontrol dengan menggunakan template. Tidak ada yang menggunakan metode saya membuat template, jadi kemungkinan mereka membayangkan apa yang akan memiliki membuat bentuk airfoil yang akurat dengan template yang tidak akurat.
Parsons kekhawatiran segera menjadi kenyataan, dan pada tahun 1949 diatur Angkatan Udara Parsons dana untuk membangun mesin-nya sendiri. Awal bekerja dengan Snyder Corp Mesin & Alat membuktikan bahwa sistem kontrol langsung mengemudi dari motor gagal memiliki akurasi diperlukan untuk mengatur mesin untuk memotong yang sangat halus. Karena kontrol mekanik tidak menanggapi secara linear, Anda tidak bisa begitu saja mengemudi dengan jumlah tertentu kekuasaan, karena kekuatan yang berbeda akan berarti jumlah daya yang sama tidak akan selalu menghasilkan jumlah yang sama gerak di kontrol. Tidak peduli berapa banyak poin yang Anda disertakan, garis akan tetap kasar.
Masukkan MIT
Ini bukan masalah yang mustahil untuk memecahkan, tetapi akan memerlukan semacam sistem umpan balik, seperti selsyn, untuk secara langsung mengukur seberapa jauh kontrol benar-benar berbalik. Dihadapkan dengan tugas berat membangun sistem seperti ini, pada musim semi tahun 1949 Parsons menoleh kepada Gordon Brown S. 's Servomechanisms Laboratory di MIT, yang merupakan pemimpin dunia dalam komputasi mekanik dan sistem umpan balik. Selama perang, Lab telah membangun beberapa kompleks bermotor perangkat seperti sistem menara meriam tank bermotor untuk B-29 dan sistem pelacakan otomatis untuk SCR-584 radar. Mereka secara alamiah cocok untuk transfer teknologi ke dalam sebuah prototipe Parsons otomatis "by-the-numbers" mesin.
The MIT team was led by William Pease assisted by James McDonough. Tim MIT dipimpin oleh William Pease dibantu oleh James McDonoughMereka dengan cepat menyimpulkan bahwa desain Parsons bisa sangat membaik, jika mesin tidak hanya memotong pada titik-titik A dan B, tetapi bukannya bergerak lancar antara titik-titik, maka bukan hanya akan membuat potongan halus sempurna, tapi bisa melakukannya dengan jauh lebih sedikit poin - penggilingan bisa memotong jalur langsung tanpa perlu mendefinisikan jumlah besar pemotongan poin untuk "meniru" itu. Sebuah perjanjian tiga-cara yang diatur antara Parsons, MIT, dan Angkatan Udara, dan proyek resmi berlari dari Juli 1949 sampai Juni 1950. Kontrak menyerukan pembangunan dua "Kartu-a-matic Milling Machine" s , sebuah prototipe dan sistem produksi. Keduanya untuk diserahkan kepada Parsons untuk lampiran ke salah satu pabrik mereka dalam rangka untuk mengembangkan sebuah sistem penyampaian untuk memotong stringers.
Sebaliknya, pada 1950 surplus MIT membeli Cincinnati Milling Machine Company "Hydro-Tel" pabrik mereka sendiri dan mengatur kontrak baru secara langsung dengan Angkatan Udara yang membeku Parsons dari pengembangan lebih lanjut. Parsons kemudian komentar bahwa ia "tidak pernah bermimpi bahwa orang yang terkemuka seperti MIT akan sengaja pergi ke depan dan mengambil alih proyek saya. " Meskipun pembangunan diserahkan ke MIT, Parsons mengajukan paten pada" Controlled Motor Aparatur untuk posisi Machine Tool "pada 5 Mei 1952 , memicu pengajuan oleh MIT untuk "Numerical Control Servo-System" pada 14 Agustus 1952. Parsons menerima US Patent 2.820.187 pada tanggal 14 Januari 1958, dan perusahaan menjual lisensi eksklusif untuk Bendix. IBM, Fujitsu dan General Electric semuanya mengambil sub-lisensi setelah sudah memulai pengembangan perangkat mereka sendiri.
MIT mesin
MIT cocok roda gigi untuk handwheel berbagai masukan dan mengusir mereka dengan rantai roller terhubung ke motor, satu untuk masing-masing mesin tiga sumbu (X, Y, dan Z). Pengendali yang terkait terdiri dari lima berukuran kulkas lemari yang, bersama-sama, hampir sama besarnya dengan pabrik mereka terhubung ke Tiga dari lemari berisi motor controller, satu controller untuk setiap motor, dua lainnya sistem pembacaan digital
Tidak seperti pukulan asli Parsons desain kartu, desain digunakan MIT standar 7-lagu punch tape untuk masukan. Tiga dari trek yang digunakan untuk mengendalikan sumbu yang berbeda dari mesin, sedangkan empat lainnya dikodekan berbagai informasi kontrol. Rekaman itu dibacakan dalam kabinet yang juga dihuni enam relay berbasis hardware register, dua untuk setiap sumbu. Dengan setiap operasi yang sebelumnya membaca titik membaca disalin ke dalam "titik awal" mendaftar, dan yang baru membaca salah satu ke dalam "titik akhir". Rekaman dibacakan terus-menerus dan jumlah dalam register meningkat sampai seorang "berhenti" instruksi, empat lubang di sebuah baris, itu dijumpai.
Kabinet terakhir diadakan sebuah jam yang mengirim pulsa melalui register, dibandingkan mereka, dan output yang dihasilkan pulsa yang menyela antara titik-titik. Sebagai contoh, jika poin berjauhan output akan pulsa dengan setiap clock cycle, sedangkan poin berdekatan hanya akan menghasilkan pulsa setelah beberapa siklus jam. Pulsa akan dikirim ke sebuah penjumlahan mendaftar di motor controller, menghitung dengan jumlah pulsa setiap kali mereka terima Register penjumlahan dihubungkan ke analog digital converter bahwa peningkatan output daya ke motor sebagai hitungan di register meningkat. Yang register itu decremented oleh encoders menempel pada motor dan pabrik itu sendiri, yang akan mengurangi hitungan oleh satu untuk setiap satu derajat rotasi. Setelah titik kedua ini mencapai pulsa dari jam akan berhenti, dan motor akhirnya akan mendorong pabrik ke posisi disandikan. Each 1 degree rotation of the controls produced a 0.0005 inch movement of the cutting head. Setiap 1 derajat rotasi kontrol inci menghasilkan gerakan 0,0005 pemotongan kepala. Pemrogram dapat mengendalikan kecepatan potong dengan memilih titik-titik yang lebih dekat bersama untuk gerakan lambat, atau lebih yang terpisah untuk cepat.
Sistem ini ditunjukkan kepada publik pada bulan September 1952, muncul dalam bulan itu Scientific American. MIT sistem sukses yang luar biasa dengan ukuran teknis apapun, dengan cepat membuat setiap kompleks dipotong dengan akurasi yang sangat tinggi tidak bisa dengan mudah digandakan dengan tangan. Namun, sistem ini sangat kompleks, termasuk 250 tabung vakum, 175 relay dan banyak bagian yang bergerak, mengurangi kehandalan dalam pengaturan produksi Itu juga sangat mahal, total tagihan disampaikan kepada Angkatan Udara adalah $ 360,000.14, $ 2,641,727.63 pada tahun 2005 dolar. Antara tahun 1952 dan 1956, sistem ini digunakan untuk pabrik sejumlah satu kali desain untuk berbagai perusahaan penerbangan, untuk studi dampak ekonomi potensi mereka
Proliferasi dari NC
Angkatan Udara pendanaan untuk proyek habis pada tahun 1953, namun pembangunan dijemput oleh Giddings dan Lewis Machine Tool Co Pada tahun 1955 banyak tim MIT kiri untuk membentuk Kontrol Concord, NC komersial perusahaan dengan Giddings 'dukungan, menghasilkan Numericord controller. Numericord mirip dengan desain MIT, tapi diganti punch tape dengan pita magnetik pembaca bahwa General Electric sedang mengerjakan.. Rekaman berisi sejumlah sinyal fase yang berbeda, yang secara langsung disandikan sudut berbagai kontrol.. Rekaman itu diputar pada kecepatan konstan di controller, yang mengatur setengah dari selsyn ke sudut dikodekan sementara sisi terpencil itu terikat pada kontrol mesin. Desain masih dikodekan pada kertas pita, tetapi kaset-kaset itu dipindahkan ke pembaca / penulis yang mengkonversi mereka ke dalam bentuk magnetik.Yang magtapes kemudian dapat digunakan pada salah satu mesin di lantai, di mana kontroler itu sangat berkurang dalam kompleksitas. Dikembangkan untuk memproduksi mati sangat akurat untuk pesawat menguliti pers, Numericord "Nc5" masuk ke dalam operasi di G & L's tanaman di Fond du Lac, WI pada tahun 1955
Mereka menunjukkan mesin mereka pada tahun 1955 Chicago Machine Tool Show, bersama dengan sejumlah vendor lainnya dengan kartu punch atau pita mesin kertas yang baik sepenuhnya dikembangkan atau dalam bentuk prototipe. Ini termasuk Kearney & Trecker's Milwaukee-Matic II yang bisa mengubah alat pemotong di bawah kendali NC.
Sebuah laporan Boeing mencatat bahwa "kontrol numerik telah terbukti dapat mengurangi biaya, mengurangi lead time, meningkatkan kualitas, mengurangi tooling dan meningkatkan produktivitas." Terlepas dari perkembangan ini, dan bercahaya review dari beberapa pengguna, pengambilan NC ini relatif lambat. Seperti Parsons kemudian mencatat:
Konsep NC sangat aneh untuk produsen, dan begitu lambat untuk menangkap, bahwa Angkatan Darat Amerika Serikat itu sendiri akhirnya harus membangun mesin NC 120 dan sewa mereka ke berbagai produsen untuk mulai mempopulerkan penggunaannya
MIT pada tahun 1958 menerbitkan laporan mengenai ekonomi NC.. Mereka menyimpulkan bahwa alat-alat yang kompetitif dengan operator manusia, tetapi hanya memindahkan waktu dari mesin untuk penciptaan kaset. Dalam Noble Produksi Pasukan klaim bahwa ini adalah seluruh titik sejauh Angkatan Udara yang bersangkutan; menggerakkan proses off serikat pekerja yang sangat lantai pabrik dan ke dalam un-serikat pekerja kerah putih kantor desain. konteks budaya yang awal 1950-an, yang kedua Scare Merah dengan ketakutan yang luas dari sebuah bom kesenjangan dan domestik subversi, menyoroti penafsiran in. Itu sangat khawatir bahwa Barat akan kehilangan produksi pertahanan lomba menuju ke Komunis, dan bahwa kekuasaan sindikalis adalah jalan menuju kalah, baik oleh "terlalu lunak" (kurang output, biaya unit yang lebih besar) atau bahkan oleh Komunis simpati dan subversi di dalam serikat pekerja (yang timbul dari tema umum memberdayakan kelas pekerja).
CNC tiba
Banyak dari perintah untuk bagian-bagian eksperimental diprogram "oleh tangan" untuk menghasilkan rekaman pukulan yang digunakan sebagai masukan. While the system was being experimented with. Sementara sistem sedang bereksperimen dengan, John Runyon membuat sejumlah terkenal subrutin pada angin puyuh untuk memproduksi kaset ini di bawah kontrol komputer.Pengguna bisa masukan daftar poin dan kecepatan, dan program akan menghasilkan punch tape. Dalam satu kasus, proses ini mengurangi waktu yang diperlukan untuk menghasilkan daftar instruksi dan pabrik bagian dari 8 jam sampai 15 menitHal ini menyebabkan sebuah proposal ke Angkatan Udara untuk menghasilkan umum "pemrograman" bahasa kontrol numerik, yang diterima pada bulan Juni 1956.
Dimulai pada bulan September Pople diuraikan Ross dan bahasa untuk mesin kontrol yang didasarkan pada titik-titik dan garis, berkembang selama beberapa tahun ini ke dalam bahasa pemrograman APT. Pada tahun 1957 yang Aircraft Industries Association (AIA) dan Material Komando Udara di Wright-Patterson Air Force Base bergabung dengan MIT untuk membakukan karya ini dan menghasilkan komputer yang dikendalikan sepenuhnya sistem NC Pada tanggal 25 Februari 1959 tim gabungan mengadakan konferensi pers menunjukkan hasil, termasuk mesin 3D abu nampan aluminium yang dibagikan dalam.
Sementara itu, Patrick Hanratty sedang membuat perkembangan serupa di GE sebagai bagian dari kemitraan dengan G & L di Numericord. Bahasanya, Pronto, mengalahkan APT ke komersial ketika sudah "dirilis" tahun 1958. Hanratty kemudian melanjutkan untuk mengembangkan MICR karakter tinta magnetik yang digunakan dalam proses cek, sebelum pindah ke General Motors untuk bekerja pada terobosan DAC -1 sistem CAD.
APT was soon extended to include "real" curves in 2D-APT-II. APT segera diperluas untuk mencakup "nyata" kurva 2D-APT-II. With its release, MIT reduced its focus on CNC as it moved into CAD experiments. Dengan rilis, MIT mengurangi fokus pada CNC seperti CAD pindah ke percobaan. APT development was picked up with the AIA in San Diego, and in 1962, to Illinois Institute of Technology Research. Pembangunan APT dijemput dengan AIA di San Diego, dan pada 1962, ke Illinois Institute of Technology Research. Work on making APT an international standard started in 1963 under USASI X3.4.7, but many manufacturers of CNC machines had their own one-off additions (like PRONTO), so standardization was not completed until 1968, when there were 25 optional add-ins to the basic system. [ 9 ] Bekerja pada APT membuat standar internasional dimulai pada tahun 1963 di bawah USASI X3.4.7, tetapi banyak produsen mesin CNC telah mereka sendiri tambahan satu kali (seperti Pronto), sehingga standardisasi tidak diselesaikan hingga tahun 1968, ada 25 pilihan add-in untuk sistem dasar. [9]
Just as APT was being released in the early 1960s, a second generation of lower-cost transistorized computers was hitting the market that were able to process much larger volumes of information in production settings. Sama seperti APT sedang dirilis di awal 1960-an, generasi kedua dengan biaya lebih rendah Transistorized komputer telah memukul pasar yang dapat memproses lebih besar volume informasi dalam pengaturan produksi. Hal ini sangat menurunkan biaya pelaksanaan suatu sistem NC bahwa pada pertengahan 1960-an, APT berjalan diperhitungkan untuk ketiga kalinya dari semua komputer di perusahaan-perusahaan penerbangan besar.
CNC CAD memenuhi
Sementara Lab Servomechanisms sedang dalam proses mengembangkan pabrik pertama mereka, pada tahun 1953 MIT's Mechanical Engineering Department menjatuhkan persyaratan bahwa mahasiswa mengambil kuliah dalam menggambar. Instruktur pengajaran sebelumnya program ini digabungkan ke Divisi Desain, di mana diskusi informal desain terkomputerisasi mulai Sementara Laboratorium Sistem Elektronik, yang baru dinamai kembali Servomechanisms Laboratorium, telah mendiskusikan apakah desain tidak akan pernah memulai dengan kertas diagram di masa depan.
Pada Januari 1959, sebuah pertemuan informal diadakan melibatkan individu-individu dari kedua Laboratorium Sistem Elektronik dan Mechanical Engineering Department's Design Division. Pertemuan formal diikuti di bulan April dan Mei, yang mengakibatkan "Computer-Aided Design Project. Pada bulan Desember 1959, Angkatan Udara mengeluarkan satu tahun kontrak untuk ESL sebesar $ 223.000 untuk mendanai proyek, termasuk $ 20.800 diperuntukkan bagi 104 jam waktu komputer pada $ 200 per jam. Hal ini terbukti terlalu sedikit untuk program ambisius mereka yang ada dalam pikiran, meskipun sistem perhitungan teknik mereka, AED, dirilis Maret 1965.
Pada tahun 1959 General Motors memulai sebuah proyek percobaan untuk mendigitalkan, menyimpan dan mencetak banyak sketsa desain yang dihasilkan dalam berbagai desain GM departemen Ketika konsep dasar menunjukkan bahwa itu bisa bekerja, mereka memulai DAC-1 proyek dengan IBM untuk mengembangkan versi produksi, satu bagian dari proyek DAC adalah konversi langsung kertas diagram menjadi model 3D, yang kemudian diubah menjadi perintah APT dan dipotong pada mesin penggilingan. Pada November 1963 suatu desain bagasi dipindahkan dari kertas sketsa 2D tanah liat 3D prototipe untuk pertama kalinya. Dengan pengecualian dari sketsa awal, desain-untuk-loop produksi telah ditutup.
Tujuan utama pada dasarnya merupakan angin puyuh Transistorized dikenal sebagai TX-2, tetapi dalam rangka untuk menguji berbagai rangkaian desain versi yang lebih kecil dikenal sebagai TX-0 adalah pertama dibangun. Ketika pembangunan TX-2 mulai, waktu di TX-0 dibebaskan dan ini menyebabkan sejumlah eksperimen interaktif yang melibatkan masukan dan penggunaan mesin CRT layar untuk grafik.. Pengembangan lebih lanjut dari konsep-konsep ini menyebabkan Ivan Sutherland 's terobosan Sketchpad program pada TX-2.
Sutherland pindah ke Universitas Utah setelah Sketchpad kerja, tetapi terinspirasi lulusan MIT lain untuk mencoba sejati pertama sistem CAD, Electronic Drafting Machine (EDM. EDM itu, dijual ke Control Data dan dikenal sebagai "Digigraphics", yang Lockheed digunakan untuk membangun bagian-bagian produksi untuk C-5 Galaxy, contoh pertama dari end-to-end CAD / CNC sistem produksi. biaya pelaksanaan, dan hari ini hampir semua mesin CNC menggunakan beberapa bentuk mikroprosesor untuk menangani semua operasi.
Pengenalan biaya lebih rendah mesin CNC secara radikal mengubah industri manufaktur. Kurva adalah sebagai mudah untuk memotong sebagai garis-garis lurus, kompleks struktur 3-D relatif mudah untuk menghasilkan, dan jumlah langkah yang diperlukan mesin tindakan manusia telah berkurang drastis. Dengan meningkatnya otomatisasi proses manufaktur dengan mesin CNC, banyak perbaikan dalam konsistensi dan kualitas telah dicapai tanpa ketegangan pada operator. CNC otomasi mengurangi frekuensi kesalahan dan disediakan operator CNC dengan waktu untuk melakukan tugas-tugas tambahan.CNC otomasi juga memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam cara bagian diadakan dalam proses manufaktur dan waktu yang diperlukan untuk mengubah mesin untuk memproduksi komponen yang berbeda.
.Pada awal 1970-an ekonomi Barat yang terperosok dalam memperlambat pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya biaya tenaga kerja, dan mesin NC mulai menjadi lebih menarik. Vendor utama AS lambat untuk merespon permintaan untuk mesin cocok untuk biaya lebih rendah sistem NC, dan kekosongan ini melangkah ke Jerman. In 1979, sales of German machines surpassed the US designs for the first time. Pada tahun 1979, penjualan mesin-mesin Jerman melebihi desain AS untuk pertama kalinya. Siklus ini berulang dengan cepat, dan pada tahun 1980, Jepang telah mengambil posisi kepemimpinan, penjualan AS menurun sepanjang waktu. Setelah duduk di posisi # 1 dalam hal penjualan di top-sepuluh bagan yang terdiri dari keseluruhan perusahaan-perusahaan AS pada tahun 1971, pada tahun 1987 Cincinnati Milacron berada di 8 tempat di tabel didominasi oleh perusahaan-perusahaan Jepang.
Banyak peneliti telah berkomentar bahwa AS fokus pada aplikasi high-end meninggalkan mereka dalam situasi yang tidak kompetitif saat kemerosotan ekonomi pada awal tahun 1970 menyebabkan permintaan meningkat pesat biaya rendah sistem NC. Tidak seperti perusahaan-perusahaan AS, yang terfokus pada pasar dirgantara sangat menguntungkan, Jerman dan Jepang yang ditargetkan produsen segmen laba lebih rendah dari awal dan mampu memasuki pasar murah jauh lebih mudah.
DIY, Hobby, dan Personal CNC
Perkembangan terbaru dalam skala kecil CNC telah diaktifkan, sebagian besar, oleh EMC proyek (Enhanced Machine Controller) dari Institut Nasional Standar dan Teknologi (NIST), sebuah lembaga dari Departemen Perdagangan dari pemerintah Amerika Serikat., pengembangan terus, mengarah ke EMC2 yang dilisensikan di bawah GNU General Public License dan GNU Lesser General Public License (GPL dan LGPL. Turunan dari perangkat lunak EMC asli juga menyebabkan beberapa program berbasis PC kepemilikan terutama TurboCNC, dan Mach3, serta berdasarkan embedded system proprietary hardware. Ketersediaan PC ini berbasis program pengendalian telah menyebabkan perkembangan DIY CNC, memungkinkan penggemar untuk membangun sendiri dengan menggunakan perangkat keras open source desain.Arsitektur dasar yang sama telah memungkinkan produsen, seperti Sherline dan Taig, turnkey memproduksi mesin penggilingan desktop ringan untuk sekedar hobi saja.
Akhirnya arsitektur homebrew sepenuhnya dikomersialisasikan dan digunakan untuk membuat mesin yang lebih besar cocok untuk aplikasi komersial dan industri Peralatan kelas ini telah disebut sebagai CNC pribadi. Sejajar dengan evolusi komputer pribadi, Personal CNC berakar pada EMC dan PC berbasis kendali, tetapi telah berkembang ke titik di mana ia dapat menggantikan peralatan konvensional yang lebih besar dalam banyak hal. Seperti dengan Personal Computer, Personal CNC adalah peralatan yang dicirikan oleh ukuran, kemampuan, dan harga penjualan asli membuatnya berguna bagi individu, dan yang dimaksudkan untuk dioperasikan secara langsung oleh pengguna akhir, seringkali tanpa pelatihan profesional teknologi CNC.
Meskipun teknik penyimpanan data modern telah beranjak dari punch tape di hampir semua peran lainnya, kaset masih relatif umum dalam .Hal ini karena itu sering lebih mudah untuk menambahkan pita pukulan pembaca untuk sebuah microprocessor controller daripada itu untuk menulis ulang perpustakaan besar dari kaset menjadi format baru..Salah satu perubahan yang dilaksanakan cukup luas adalah beralih dari kertas untuk milar kaset, yang jauh lebih kuat secara mekanis. Floppy disk, USB flash drive dan jaringan area lokal telah menggantikan kaset-kaset sampai taraf tertentu, terutama di lingkungan yang lebih besar yang sangat terintegrasi.
Perkembangan CNC menyebabkan kebutuhan standar CNC baru yang tidak dibebani oleh izin atau konsep desain tertentu, seperti APT. Sejumlah "standar" berkembang biak selama beberapa waktu, sering didasarkan sekitar vector graphics bahasa markup yang didukung oleh komplotan. Salah satu standar tersebut sejak itu menjadi sangat umum, maka "G-kode" yang pada awalnya digunakan pada Ilmiah Gerber komplotan dan kemudian diadaptasi untuk CNC digunakan. Format file menjadi begitu luas digunakan itu telah diwujudkan dalam sebuah EIA standar. Pada gilirannya, sementara G-code adalah bahasa utama yang digunakan oleh mesin CNC hari ini, ada dorongan untuk menggantikannya dengan LANGKAH-NC, sebuah sistem yang sengaja dirancang untuk CNC, bukan tumbuh dari anggota komplotan yang sudah ada standar
Sementara G-kode adalah metode yang paling umum dari pemrograman, beberapa produsen machine-tool/control juga telah menemukan milik mereka sendiri "percakapan" metode pemrograman, berusaha untuk membuatnya lebih mudah untuk bagian-bagian program yang sederhana dan membuat set-up dan modifikasi pada mesin lebih mudah (seperti Mazak's Mazatrol dan Hurco). Ini telah bertemu dengan berbagai keberhasilan.
Kemajuan yang lebih baru di CNC penafsir adalah dukungan dari perintah logis, yang dikenal sebagai pemrograman parametrik (juga dikenal sebagai pemrograman makro). Parametric programs include both device commands as well as a control language similar to BASIC . Parametric program meliputi perangkat perintah baik serta kontrol yang mirip dengan bahasa BASIC. Para pemrogram dapat membuat jika / kemudian / lain pernyataan, loop, sub panggilan, melakukan berbagai aritmetika, dan memanipulasi variabel untuk menciptakan derajat kebebasan yang besar dalam satu program. Seluruh lini produk yang berbeda ukuran dapat diprogram dengan menggunakan logika dan matematika sederhana untuk membuat dan skala seluruh berbagai komponen, atau membuat bagian saham yang dapat diukur untuk berbagai ukuran permintaan pelanggan.

Numerical Control / NC (berarti "kontrol numerik") merupakan sistem otomatisasi Mesin perkakas yang dioperasikan oleh perintah yang diprogram secara abstark dan disimpan dimedia penyimpanan, hal ini berlawanan dengan kebiasaan sebelumnya dimana mesin perkakas biasanya dikontrol dengan putaran tangan atau otomatisasi sederhana menggunakan cam. Kata NC sendiri adalah singkatan dalam Bahasa inggris dari kata Numerical Control yang artinya Kontrol Numerik. Mesin NC pertama diciptakan pertama kali pada tahun 40-an dan 50-an, dengan memodifikasi Mesin perkakas biasa. Dalam hal ini Mesin perkakas biasa ditambahkan dengan motor yang akan menggerakan pengontrol mengikuti titik-titik yang dimasukan kedalam sistem oleh perekam kertas. Mesin perpaduan antara servo motor dan mekanis ini segera digantikan dengan sistem analog dan kemudian komputer digital, menciptakan Mesin perkakas modern yang disebut Mesin CNC (computer numerical control) yang dikemudian hari telah merevolusi proses desain. Saat ini mesin CNC mempunyai hubungan yang sangat erat dengan program CAD. Mesin-mesin CNC dibangun untuk menjawab tantangan di dunia manufaktur modern. Dengan mesin CNC, ketelitian suatu produk dapat dijamin hingga 1/100 mm lebih, pengerjaan produk masal dengan hasil yang sama persis dan waktu permesinan yang cepat.

Gambar 1.1. Mesin CNC


NC/CNC terdiri dari tiga bagian utama :
Progam
1. Control Unit/Processor
2. Motor listrik servo untuk menggerakan kontrol pahat
3. Motor listrik untuk menggerakan/memutar pahat
4. Pahat
5. Dudukan dan pemegang

Prinsip kerja

Prinsip kerja NC/CNC secara sederhana dapat diuraikan sebagai berikut :

Programer membuat program CNC sesuai produk yang akan dibuat dengan cara pengetikan langsung pada mesin CNC maupun dibuat pada komputer dengan software pemrogaman CNC.
Program CNC tersebut, lebih dikenal sebagai G-Code, seterusnya dikirim dan dieksekusi oleh prosesor pada mesin CNC menghasilkan pengaturan motor servo pada mesin untuk menggerakan perkakas yang bergerak melakukan proses permesinan hingga menghasilkan produk sesuai program.


Gambar 1.2. Panel CNC Siemens



















Spesifikasi CNC

Gmabar 1.3. Mesin Cnc
A. Spesifikasi mekanik
 Diameter benda kerja maksimum di atas bed : 300 mm
 Diameter benda kerja maksimum di atas eretan : 144 mm
 Panjang benda kerja maksimum : 750 mm
 Diameter lubang sumbu utama minimum: 38 mm
 Ketirusan lubang sumbu utama : Morse 5

 Kecepatan putar minimal sumbu utama : 70 rpm
 Kecepatan putar maksimal : 2.200 rpm
 Daerah jelajah pada sumbu-X (sumbu melintang) minimum : 185 mm
 Daerah jelajah pada sumbu-Z (sumbu memanjang) minimum: 495 mm
 Ketelitian display pada sumbu-X : 0,001 mm
 Ketelitian display pada sumbu-Y : 0,001 mm
 Kecepatan gerak maksimum alat potong pada sumbu-X : 2.000 mm/menit
 Kecepatan gerak maksimum alat potong pada sumbu-Z : 4.000 mm/menit
 Penampang maksimal pemegang pahat : 16 x 16 mm
 Jumlah posisi alat potong siap pakai : 6
 Diameter sarung kepala lepas minimum: 45 mm
 Ketirusan lubang sarung kepala lepas : Morse 3
 Kebutuhan enegi listrik pada saat beban penuh (motor utama,
motor Pendingin, motor pengendali sumbu X, motor pengendali sumbu Z, Motor penggerak turret dalam keadaan beban penuh) minimum : 2,7 KW/380V , 3 phase
Motor spindle pakai inverter
Dimensi mesin minimum : 1960 x 1140 x 1750
B. Spesifikasi control system
 Bahasa Sinumerik
 CNC System Siemens 802 S ( base line )
 Pemrograman :
• PC Base ( Windows )
• High Level language ( LCYC )
 Progammable tool changer
 Memakai display LCD yang lebih besar
 Interfase RS 232 untuk program online dan offline
C. Training untuk instruktur selama 1 minggu untuk
Dua orang instruktur


D. Spesifikasi pahat bubut
 Pahat potong kanan sebanyak 1 unit plus insert 5 pcs
 Pahat potong kiri sebanyak 1 unit plus insert 5 pcs
 Pahat potong lurus/netral sebanyak 1 unit plus insert 5 pcs
 Pahat potong ulir sebanyak 1 unit plus insert 5 pcs
E. Software pembelajaran CutViewer Turn original berlisensi komplet dengan komputer penunjang satu unit



Gambar 1.5. Mesin Cnc








1.2 Mesin Bubut
Mesin Bubut adalah suatu Mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar. Bubut sendiri merupakan suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak umpan.Dengan mengatur perbandingan kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan translasi pahat maka akan diperoleh berbagai macam ulir dengan ukuran kisar yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengan jalan menukar roda gigi translasi yang menghubungkan poros spindel dengan poros ulir. Roda gigi penukar disediakan secara khusus untuk memenuhi keperluan pembuatan ulir. Jumlah gigi pada masing-masing roda gigi penukar bervariasi besarnya mulai dari jumlah 15 sampai dengan jumlah gigi maksimum 127. Roda gigi penukar dengan jumlah 127 mempunyai kekhususan karena digunakan untuk konversi dari ulir metrik ke ulir inci.

Gambar 1.6. Mesin Bubut




Prinsip kerja mesin bubut
Mesin bubut yang menggunakan sabuk di Hagley Museum. Poros spindel akan memutar benda kerja melalui piringan pembawa sehingga memutar roda gigi pada poros spindel. Melalui roda gigi penghubung, putaran akan disampaikan ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang membawa pahat. Akibatnya pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentuk ulir.
Bagian-bagian mesin bubut
Mesin bubut terdiri dari meja dan kepala tetap. Di dalam kepala tetap terdapat roda-roda gigi transmisi penukar putaran yang akan memutar poros spindel. Poros spindel akan menmutar benda kerja melalui cekal. Eretan utama akan bergerak sepanjang meja sambil membawa eretan lintang dan eretan atas dan dudukan pahat. Sumber utama dari semua gerakkan tersebut berasal dari motor listrik untuk memutar pulley melalui sabuk.
Jenis-jenis Mesin Bubut
1. Mesin Bubut Universal
2. Mesin Bubut Khusus
3. Mesin Bubut Konvensional
4. Mesin Bubut dengan Komputer (CNC)
1. Mesin bubut turet horizontal














2. Mesin bubut turet horizontal otomatis























3. Mesin bubut turet vertikal.






















Jenis-Jenis pengerjaan pada mesin Bubut
* membubut lurus
Pada pembuatan memanjang gerak jalan pahat sejajar dengan poros benda kerja, sedangkan untuk pembubutan yang datar ini pada benda kerja. Dalam pembubutan yang otomatis pahat dapat digeserkan maju dan mundur kearah melintang.
* membubut tirus
Dapat dilakukan dengan 3 cara :
1. dengan menggeser posisi kepala lepas kearah melintang
2. denganmenggeser sekian derajat eretan atas (penjepit pahat)
3. dengan memasang perkakas pembentuk
* membubut eksentris
Bila garis hati dari dua / lebih silinder dari sebuah benda kerja sejajar maka benda kerja itu di sebut eksentris, jarak antara garis-garis hati itu disebut eksentrisitas.
* membubut alur
untuk pengerjaan membubut alur di pergunakan pahat bubut pengalur dan jenisnya ada yang lurus, bengkok, berjenjang ke kanan / ke kiri.
* memotong benda kerja
Pemotongan benda kerja berbentuk batang pada mesin bubut digunakan sebuah pahat pengalur dengan penyayat yang sangat ramping, sebuah benda kerja yang di jepit diantara senter-senter tidak boleh putus karena dapat melentur dan menghimpit pahat.
* mengebor pada mesin bubut
pembuatan lubang senter pada mesin bubut ada 2 cara, yakni benda kerja yang berputar dan senter yang berputar
* membubut dalam
Untuk membesarkan lubang yang sudah ada dapat digunakan pahat dalam, caranya tidak jauh berbeda dengan membubut lurus. Pahatnya punya bentuk tersendiri
* membubut profil
Untuk membubut pembulatan pahatnya diasah menurut bentuk profilnya, pahat profil terutama cocok untuk membubut profil pada produk-produk yang pendek, pada umumnya pahat bubut tidak terlalu tebal sehingga umur pemakaiannya pendek.
* mengkartel
Adalah membuat rigi-rigi pada benda kerja dengan gigi kartel yang tersedia. Kartel dipasang pada rumah pahat dan kedudukannya harus setinggi senter. Kerja kartel ini adalah menekan benda kerja bukan menyayat seperti pahat bubut.
* membubut ulir sekrup
Untuk membuat ulir sekrap dengan mesin bubut digunakan pahat khusus yang berbentuk seperti : pahat ulir, segitiga, segi empat, trapesium, bulat dan jenis khusus lainnya. Untuk memeriksa pahat ulir,digunakan mal ulir.
• Bagian-Bagian Mesin Bubut

Mesin bubut terdiri dari meja (bed) dan kepala tetap (head stock). Di dalam kepala tetap terdapat roda-roda gigi transmisi penukar putaran yang akan memutar poros spindel. Poros spindel akan menmutar benda kerja melalui cekal (chuck). Eretan utama (appron) akan bergerak sepanjang meja sambil membawa eretan lintang (cross slide) dan eretan atas (upper cross slide) dan dudukan pahat. Sumber utama dari semua gerakkan tersebut berasal dari motor listrik untuk memutar pulley melalui sabuk (belt).

Mesin Freis

Freis merupakan suatu proses memakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan menggunakan pahat yang diputar oleh poros spindel mesin. Pahat Freis (milling cutter) termasuk jenis pahat bersisi potong banyak (multiple point tool). Mesin Freis dari segi operasionalnya dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a Mesin Freis horizontal
b Mesin Freis vertikal
c Mesin Freis serba guna (universal)
d Mesin Freis khusus (special purpose)

Jenis-jenis Freis tersebut diatas memiliki prinsip kerja yang sama. Yang membedakan adalah ukuran benda kerja yang dapat dikerja oleh mesin Freis.

• Prinsip Kerja Mesin Freis

Proses pemotongan (penyayatan) dilakukan dengan menggunakan pahat yang diputar oleh arbor yang berhubungan langsung dengan poros spindel mesin. Posisi pahat pada arbor dapat diatur dengan mengatur letak cincin pemisah (spacer). posisi dari poros arbor atau poros merupakan penentu dari jenis apakah mesin Freis ini, apakah jenis mesin Freis horizontal atau pun vertikal. Untuk mengerjakkan benda-benda kerja yang mempunyai bentuk yang rumit dan ukuran yang relatif besar yang tidak mungkin dikerjakan pada mesin-mesin Freis horizontal maupun vertikal maka dibuat mesin Freis khusus (special purpose).

• Bagian-Bagian Mesin Freis

Mesin ini terdiri dari badan atau kolom yang menyangga ram. Pada bagian depan kolom dipasang batang bimbing (guide) slide ways sehingga lutut (knee) yang ditumpu oleh batang ulir bergerak naik-turun secara lurus. Diatas lutut dipasang pelana (sddle) yang bergerak kemuka dan kebelakang sepanjang guide. Diatas pelana dipasangkan meja yang dapat bergerak ke kiri dan ke kanan agar lutut dapat bergerak naik turun, pelana bergerak maju mundur dan meja bergerak ke kiri dan ke kanan. Tujuan dari gerakan-gerakan pada mesin Freis untuk memenuhi gerak umpan (feeding) tetapi juga untuk memudahkan dalam menentukan posisi pahat terhadap benda kerja sebelum proses pemotongan dilakukan.

Mesin Scrap

Scarp merupakan proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan oleh badan mesin (ram) yang meluncut bolak-balik pada Gerak potong pahat pada benda kerja merupakan gerakan lurus translasi. Dalam hal ini benda kerja dalam keadaan diam dan pahat bergerak lurus translasi. Pada saat pahat melakukan gerak balik, benda kerja juga melakukan gerak umpan (feeding). Sehingga punggung pahat akan tersangkut pada benda kerja yang sedang bergerak tersebut. Untuk menghindari gangguan ini, pangkal dudukan pahat diberi engsel sehingga punggung pahat dapat berayun pada waktu balik menyentuh benda kerja.


• Prinsip Kerja Mesin Scrap

Benda kerja diletakkan dan dijepit pada meja. Posisi meja dapat juga dinaik-turunkan sepanjang pembimbing melalui poros ulir. Dengan memutar poros ulir yang telah dihubungkan dengan roda gigi maka gerakkan suap dari meja sepanjang pembimbing dapat dilakukan. Dimana roda gigi digerakkan oleh tuas pengungkit secara berkala. Gerakkan berkala ini dibuat sedemikian rupa sehingga poros ulir hanya bergerak pada waktu ram melakukan gerak balik membawa dudukan pahat. Gerak putar dari motor listrik diubah menjadi gerak translasi pada ram.

• Bagian-Bagian Mesin Scrap

Diatas badan mesin terdapat ram yang meluncur bolak-balik pada pembimbing (guide). Didepan ram dipasang leher sehingga dudukan pahat dapat berputar posisi ke kiri dan ke kanan. Tuas pemutar digunakan untuk menurunkan/menaikkan posisi dudukan pahat sehingga ujung pahat posisinya terhadap benda kerja dapat diatur.

Mesin Gerinda

Mesin gerinda merupakan proses menghaluskan permukaan yang digunakan pada tahap finishing dengan daerah toleransi yang sangat kecil sehingga mesin ini harus memiliki konstruksi yang sangat kokoh.

• Bagian-bagian Mesin Gerinda

Bagian badan mesin yang biasanya terbuat dari besi tuang yang memiliki sifat sebagai peredam getaran yang baik. Fungsinya adalah untuk menopang meja kerja dan menopang kepala rumah spindel.
Bagian poros spindel merupakan bagian yang kritis karena harus berputar dengan kecepatan tinggi juga dibebani gaya pemotongan pada batu gerindanya dalam berbagai arah.
Bagian meja juga merupakan bagian yang dapat mempengaruhi hasil kerja proses gerinda karena diatas meja inilah benda kerja diletakkan melalui suatu ragum ataupun magnetic chuck yang dikencangkan pada meja ini.

Mesin Gergaji

Gergaji merupakan alat perkakas yang berguna untuk memotong benda kerja. Mesin gergaji merupakan mesin pertama yang menentukan proses lebih lanjut. Dapat dimaklumi bahwa mesin ini memiliki kepadatan operasi yang relatif tinggi pada bengkel-bengkel produksi. Gergaji tangan biasa digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang sederhana dalam jumlah produksi yang rendah. Untuk pekerjaan-pekerjaan dengan persyaratan ketelitian tinggi dengan kapasitas yang tinggi diperlukan mesin-mesin gergaji khusus yang bekerja secara otomatik dengan bantuan mesin.
Mesin-mesin gergaji memiliki konstruksi yang beragam sesuai dengan ukuran, bentuk dan jenis material benda kerja yang akan dipotong. Adapun klasifikasi mesin-mesin gergaji yang terdapat digunakan adalah sebagai berikut:
a Mesin gergaji bolak-balik (Hacksaw-Machine)

Mesin gergaji ini umumnya memiliki pisau gergaji dengan panjang antara 300 mm sampai 900 mm dengan ketebalan 1,25 mm sampai 3 mm dengan jumlah gigi rata-rata antara 1 sampai 6 gigi iper inchi dengan material HSS. Karena gerakkan yang bolak-balik, maka waktu yang digunakan untuk memotong adalah 50%.

b Mesin gergaji piringan (Circular Saw)

Diameter piringan gergaji dapat mencapai 200 sampai 400 mm dengan ketebalan 0,5 mm dengan ketelitian gerigi pada keliling piringan memiliki ketinggian antara 0,25 mm sampai 0,50 mm. pada proses penggergajian ini selalu digunakan cairan pendingin. Toleransi yang dapat dicapai antara kurang lebih 0,5 mm sampai kurang lebih 1,5 mm.

c Mesin Gergaji pita (Band Saw)

Mesin gergaji yang telah dijelaskan sebelumnya adalah gergaji untuk pemotong lurus. Dalam hal mesin gergaji pita memiliki keunikan yaitu mampu memotong dalam bentuk-bentuk tidak lurus atau lengkung yang tidak beraturan. Kecepatan pita gergajinya bervariasi antara 18 m/menit sampai 450 m/menit agar dapat memenuhi kecepatan potong dari berbagai jenis material benda kerja.





















BAB III
PENUTUP


A. Kesimpulan
Dalam proses Manufaktur, banyak permesinan yang dipakai, pada makalah ini, yang sudah dijelaskan secara panjang lebar diatas, mengangkat tentang mesin Cnc, dan mesin Bubut. Kedua mesin itu sudah sangat populer dalam pengunaannya didunia industri manufaktur. Terdapat perbedaan antara sistem kerja Mesin Cnc, dengan mesin bubut. Kalau mesin bubut, masih mengunakan manual sistem, sedangkan untuk mesin Cnc, sudah menggunakan program kumputer, jadi semuanya tinggal diprogram saja, kemudian tunggu benda hasil jadinya. Faktor ekonomi dan jumlah bprodak yang dihasilakn, menjadi salah satu parameter dalam penggunaan kedua mesin tersebut.


B. Saran
Dalam makalah ini, saya selaku pembuat masih merasa jauh dari sempurna, oleh karena itu, saya minta kritik, dan saran yang membangun, untuk kesempurnaan makalah ini.











DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_bubut

http://www.mesincnc.com/index_MesinBubut.htm

http://mesinbubut.com/

http://images.google.co.id/images?hl=id&source=hp&q=mesin+bubut&gbv=2&aq=f&aqi=g2&aql=&oq=&gs_rfai=

http://id.wikipedia.org/wiki/CNC

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Numerical_control&ei=1nanS8efAs6wrAe3xrDfAQ&sa=X&oi=translate&ct=result&resnum=2&ved=0CBAQ7gEwAQ&prev=/search%3Fq%3Dcnc%26hl%3Did%26sa%3DG%26gbv%3D2

http://images.google.co.id/images?hl=id&gbv=2&q=cnc&oq=&um=1&ie=UTF-8&ei=1nanS8efAs6wrAe3xrDfAQ&sa=X&oi=image_result_group&ct=title&resnum=5&ved=0CCoQsAQwBA

http://www.youtube.com/watch?v=RfnoAFW2L2c&feature=related


Budi Habibi Miukhyar
H1F108042
Teknik Mesin Unlam Banjarbaru.

2 komentar:

  1. Mana gmbar2Y bud kd keliatan???

    BalasHapus
  2. hy...................



    qw pengen blajar ne tentang CNC ma Qm?????????
    boleh kagak???????????

    BalasHapus

Harap meninggalkan komentarnya, untuk membangun blog ini, agar lebih baik lagi.